Minggu, 19 April 2020

Teks Biografi (S.W. Rochmah_SMANTID)



 Teks Biografi adalah suatu tulisan yang mengulas mengenai kehidupan seseorang atau cerita hidup seseorang selama ia masih hidup. Biografi singkat hanya mengulas mengenai kenyataan-kenyataan yang terjadi didalam kehidupan seseorang dan fungsi pentingnya kepada lingkungan.
Biografi panjang melingkupi sebuah informasi yang memiliki sifat penting, namun diceritakan dengan lebih jelas dan lengkap dan juga diserat dengan gaya cerita yang baik dan juga menarik

Teks biografi adalah 
teks yang berisikan tentang cerita suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya, baik berupa masalahnya ataupun kelebihannya, yang ditulis oleh seseorang agar tokoh tersebut dapat diteladani orang banyak.
Selain biografi, terdapat pula teks autobiografi. Autobiografi merupakan suatu riwayat hidup yang ditulis sendiri oleh tokoh tersebut. Biografi dan autobiografi sangat berbeda. Perbedaan tersebut dapat ditinjau dari penulisnya, apakah riwayat tersebut ditulis sendiri atau ada orang lain yang menulisnya. 
Ciri-ciri Teks Biografi
  • Biografi dibuat berdasarkan informasi fakta serta disajikan dalam bentuk narasi
  • Faktualnya (fakta) didasarkan pada pengalaman hidup seseorang yang diceritakan dalam tokoh biografi tersebut
  • Pengalaman hidup seorang tokoh dalam menghadapi masalah-masalah yang dihadapinya sehingga dapat menjadi seseorang yang sukses sampai sekarang dapat dijadikan teladan bagi orang lain yang membacanya
  • Teks biografi harus membawa suatu informasi berlandaskan kenyataan pada tokoh yang sedang dikisahkan dalam bentuk narasi.
  • Teks biografi juga membawa sebuah kenyataan pengalaman hidup sebuah tokoh untuk menyelesaikan masalah-masalah hingga pada akhirnya berhasil, sehingga harus dijadikan sebagai teladan.
Struktur teks biografi:
1. Orientasi
Orientasi berisi pengenalan tokoh yang sedang dikisahkan atau sedang diceritakan dalam biografi tersebut.
2. Kejadian/Peristiwa dan Masalah
Pada bagian kejadian atau peristiwa ini ialah bagian-bagian atau aspek yang didalamnya berisikan mengenai suatu kejadian atau peristiwa yang dialami tokoh. seseorang. Termasuk mengenai masalah-masalah yang pernah ia hadapi dalam kehidupannya. Persoalan yang sangat menarik, mengagumkan, mengesankan, dan juga menyedihkan yang pernah didapati oleh seseorang tokoh yang dibahas atau diceritakan didalam bagian ini.
3. Reorientasi
Reorintasi ialah bagian penutup dalam biografi.

Kaidah Kebahasaan Teks Biografi
  • Menggunakan kata ganti orang ke tiga tunggal ia atau dia atau beliau
  • Banyak menggunakan kata kerja tindakan untuk menjelaskan peristiwa-peristiwa atau perbuatan fisik yang dilakukan oleh tokoh
  • Banyak menggunakan kata kerja pasif untuk menjelaskan peristiwa yang dialami
  • Banyak menggunakan kata sifat untuk memberikan informasi secara rinci tentang sifat-sifat tokoh. Contoh: kata sifat untuk mendeskripsikan watak tokoh seperti genius, rajin, ulet.


                                            (Dari berbagai sumber)


Tidak ada komentar: